Tutorial Mengaktifkan Telnet Pada Windows 7

Kembali lagi bersama saya. Khusus bagi anda yang suka me-remote komputer atau yang disebut router pasti sudah tidak asing dengan nama telnet. Menurut Wikipedia Telnet atau Telecommunication network adalah sebuah protokol jaringn yang digunakan pada internet atau LAN untuk menyediakan fitur komunikasi dengan basis teks interaksi dua arah yang memanfaatkan koneksi virtual terminal.

Dengan menggunakan telnet anda bisa login ke router yang terhubung ke dalam jaringan lokal atau internet secara remote dan meng-eksekusi berbagai perintah dalam command line. Untuk menggunakannya anda bisa menggunakan CMD atau Command prompt dan ketik perintah telnet 192.168.10.1 dimana 192.168.10.1 merupakan IP dari komputer atau router yang anda gunakan untuk telnet atau yang akan anda telnet.

Di dalam OS Windows 7, fitur Telnet ini secara acak tidak diaktifkan sehingga untuk menggunakannya di WIndows 7, anda harus mengaktifkan atau meng-enable-kan fiturnya dahulu. Berikut caranya :

1. Pertama, buka jendela Control Panel, lalu pilih menu Program.
2. Kemudian pada pilihan Programs and Features, klik turn windows features on or off.


3. Temukan Telnet Server dan Telnet Client, lalu centang kedua fitur tersebut untuk mengaktifkan Telnet.



4. Klik Ok dan tunggu sampai windows update sistem. Gampang kan!

Demikian tutorial cara mengaktifkan Telnet di Windows 7 dipublikasikan, jangan sampai ketinggalan tutorial-turorial menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung, selamat mencoba....
Previous
Next Post »
Thanks for your comment