Tutorial Membuat Website Menggunakan Dropbox Lengkap

    Kembali lagi bersama saya. Seperti yang kita ketahui pada umumnya, Dropbox merupakan salah satu layanan file hosting yang juga menawarkan cloud storage service (tempat penyimpanan file yang bisa diakses lewat internet), sinkronasi file (untuk memudahkan anda mensinkronasikan data, anda dapat menggunakan Dropbox client software yang harus anda install pada perangkat komputer) dan file sharing. Lantas, benarkah Dropbox bisa dimanfaatkan untuk membuat website pribadi?


Sebenarnya, ada banyak layanan penyimpanan online gratis ini. Bahkan sekarang google juga telah mengeluarkan google drive yang berfungsi sebagai penyimpanan ataupun backup data anda secara online. Tetapi, saya sarankan anda memakai Dropbox untuk menyimpan ataupun sharing file kepada orang lain. Selain tampilannya yang simpel, saya belum pernah menemukan error. Sekarang saya akan berikan tutorial cara membuat website dengan Dropbox.



Yang anda perlukan untuk membuat website dari Dropbox, adalah layanan file hosting dari Dropbox dan bantuan layanan dari www.droppages.com guna untuk mempublikasikan webise anda yang anda buat. Caranya sangat gampang, anda buat folder dalam Dropbox, beri nama situs yang akan anda buat dan diakhriri dengan droppages.com. Misalnya, situsanda.droppages.com . Kemudian share folder itu, lalu isikan server1@droppages.com pada kotat collaborators.

Berikut step by step membuat website sederhana dari Dropbox.
1. Bagi anda yang belum memiliki akun Dropbox, silahkan buat akun dan download Dropbox client-nya di www.dropbox.com.

2. Setelah anda download Dropbox client dan menginstall-nya secara default, maka akam membuat folder Dropbox pada folder user kita, contohnya untuk yang menggunakan Windows 7, maka lokasinya terdapat di C:\Users\USERNAME\Dropbox.

3. Download theme dari Droppages, untuk tampilan layar website anda di droppages.com/Themes

4. Buat sebuah folder, misalnya folder elkinsquad.droppages.com, lalu ekstrak dan masukan file-file dari theme yang anda download.

5. Share folder tersebut, dengan cara klik kanan pada folder tersebut, dan pilih dropbox - share this folder.

6. Otomatis akan membuka website Dropbox anda, kemudian isi dengan server1@droppages.com pada kotak invite collaborators to this folder.

7. Buka e-mail anda untuk mem-verivikasikan share folder tersebut.

8. Apabila selesai, cobalah akses website yang anda buat.

Itulah Tutorial membuat website sederhana menggunakan layanan dari Dropbox. Silahkan dicoba, jangan lupa berdo'a sebelum mencoba. Terima kasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment