Input / Output

Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar. Unit input adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Beberapa contoh input
ALAT INPUT LANGSUNG
–          Keyboard
–          Pointing device contoh mouse, ligh pen, digitizer graphic tablet
–          Scanner, contoh micr, magnetic strip, optical data reader(ocr reader, ocr tag reader, bar code wand, omr reader)
–          Sensor, contoh camera
–          Voice recognizer atau speech recognizer
ALAT INPUT TAK LANGSUNG
–          Key to card
–          Key to tape
–          Key to disk
Beberapa contoh output
HARD COPY DEVICE
–          Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan serta image pada media kertas seperti kertas, plastic atau film.
–          Contoh: printer, plotter, computer output to microfilm (com)
SOFT COPY DEVICE
–          Berupa alat yang dignakan untuk menampilkan tulisan serta image pada media lunak yang berupa signal elektronik.
–          Contoh: video display (CRT), flat panel display (LCD), seaker
DRIVE DEVICE
–           Berupa alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin dan berfungsi sebagai alat input maupun output.
–          Contoh : disk drive, tape drive, optical drive, CD-ROM.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment