6 Cara Mengatasi PlayStore Error tidak bisa dibuka

Halo sobat android pernahkah anda mengalami Play Store Error tidak bisa dibuka di android?

jika belum pernah maka anda sangat beruntung, namun bagi anda yang mengalami masalah ini tentu akan sangat merepotkan mengingat kita selalu mendownload berbagai macam aplikasi atau game di Play Store ini?

biasanya ketika terjadi Error maka akan muncul sebuah peringatan "Check your connection and try again" atau biasa juga "Unfortunately the proccess com.google.proccess.gapps has stopped". nah, jika peringatan tersebut juga terjadi pada android anda maka perlu di lakukan penanganan pertama.

Cara Mengatasi Play Store tidak bisa dibuka

langkah pertama yang harus anda lihat adalah penyebabnya terlebih dahulu dan disini saya sudah merangkumnya di bawah ini:
  • sinyal dari operator tidak stabil
  • android anda telah di root
  • akun google anda telah di bekukan
  • android anda terlalu banyak menyimpan data aplikasi atau cache
  • kuota internet anda habis ( kalo ini sepertinya anda sudah tahu harus bagaimana)
oke, sekarang kita sudah tahu beberapa penyebabnya dan mari kita beralih bagaimana cara mengatasi play store yang tidak bisa di buka.

1. Matikan lalu Hidupkan kembali Smartphone
langkah pertama jika play store mengalami no connection adalah mematikan lalu menghidupkan android anda karena biasanya sinyal dari operator memang bermasalah.

tidak heran apabila anda sedang berada di tempat yang jauh dari tower pemancar sinyal kemudian muncul masalah pada smartphone andaroid ya sudah pasti masalah ini memang tidak bisa di jauhkan dari sinyal.

beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas cara mengatasi sinyal tiba-tiba hilang di android dan anda wajib membaca hal tersebut agar lebih tahu mengenai smartphone android anda. selain itu mematikan lalu menghidupkan kembali smartphone juga akan merestart sinyal yang diterima smartphone anda.

2. Logout kemudian Login kembali akun google
tolong jangan bertanya apa itu akun google? jika anda tidak tahu ya ampun semoga cacing tidak terbang kali ini karena menertawakan anda.

akun google ya email gmail itu dan setiap smartphone canggih harus menggunakan akun untuk menggunakanya. contoh, jika anda menggunakan lumia windows phone maka anda harus login menggunakan email outlook atau hotmail.

nah, kemungkinan akun email anda telah di bekukan oleh google maka cobalah logout kemudian masuk lagi menggunakan email yang berbeda. kemudian masuk lagi menggunakan email gmail yang berbeda.

cara untuk logout yaitu masuk ke settings => accounts => klik tulisan google => selanjutnya akan ada pemberitahuan email yang anda gunakan untuk login dan kemudian klik nama email tersebut => klik remove accounts di pojok kanan bawah.

3. Hapus Data Aplikasi
jika kedua langkah tadi masih saja belum berhasil mengatasi play store error tidak bisa di buka maka anda bisa mengikuti langkah selanjutnya yaitu menghapus data aplikasi atau bahasa kerenya Cache.

bayangkan saja ketika anda memakan makanan kemudian sampai kenyang dan tidak di buang kemungkinan besar anda akan muntah-muntah dan males bergerak dan ini tidak jauh berbeda dengan smartphone android anda.

dengan menghapus data aplikasi akan meringankan beban RAM dan menjadi lebih segar dan leluasa bergerak. bagaimana caranya, pertama masuk ke Pengaturan => Aplikasi => geser ke kanan dan pilih semua => Google Play Store => klik Paksa berhenti => hapus data.

untuk lebih mudahnya lihat gambar di bawah ini sobat
Cara Mengatasi Play Store tidak bisa dibuka

4. Hapus atau ganti Proxy 
apa itu proxy? sebenernya saya tahu tetapi lupa seingat saya itu berhubungan dengan akses jaringan internet yang anda gunakan. namun, untuk lebih jelasnya silahkan tanya saja sama mbah google ya hehehe.

oke, proxy ini kadang jika pengaturanya berubah maka akan berdampak pada koneksi internet yang bisa gagal. nah, kemungkinana android anda tidak bisa membuka play store adalah karena masalah ini.

jadi, untuk mengganti atau menghapusnya anda bisa masuk ke pengaturan => lainya => jaringan seluler => APN (Access Point Name) => pilih GPRS => dan selanjutnya hapus proxy

5. Ganti File Host
ini khusus bagi anda yang android kesayanganya sudah di root bisa mencoba langkah ini karena biasanya file host yang menjadi penghubung ke internet bisa bermasalah. untuk memulainya ikuti langkah di bawah ini:
  • masuk ke aplikasi Root Explorer
  • masuk ke /system/etc
  • kemudian pilih Mount R/W
  • selanjutnya cari file host dan tekan beberapa saat kemudian pilih Open In Text Editor
  • hapus semua script atau tulisan tersebut sampai hanya tersisa 127.0.0.1 localhost saja yang tersisa.
6. Factory Reset
akhirnya sampai pada tahap terakhir dan gunakan langkah ini jika anda memang benar-benar kehabisan cara untuk menanganinya ya. jika anda belum tahu cara melakukan factory reset silahkan ikuti langkah ini:
  • masuk pengaturan
  • cadangkan & atur ulang
  • pengaturan ulang data pabrik
  • selanjutnya pilih setel ulang telepon
Note : sebelum melakukan factory reset sebaiknya back up data-data pribadi terlebih dahulu karena nanti akan terhapus dan anda bisa memindahkan file telepon ke memori microSD.

akhir kata, semoga panduan cara mengatasi play store error tidak bisa di buka di smartphone ini berguna bagi anda dan ikutilah panduan ini dengan seksama dan bila ada yang kurang jelas anda bisa menanyakan pada kolom komentar.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment