10 Tips Keamanan Internet untuk Perlindungan Lengkap

           Kembali lagi bersama saya. Dengan naiknya pengguna internet di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir, begitu pula dengan naiknya penipuan online. Sekarang, sebagian besar pengguna internet tidak menyadari akan bahaya yang akan mengancam dan menjadi tantangan pagi pengguna tersebut. Akibatnya, keamanan masih menjadi perbincangan untuk pengguna internet.

Namun, tidak terkecuali pengguna tidak bisa menghindari bahaya tersebut. Pengguna juga menyadari penipuan scam umum dan fraud dan tahu bagaimana cara menghindari hal tersebut. Sebuah studi menunjukan bahwa 91% pengguna internet tidak menyadari akan penipuan di dalamnya. Karena itu keamanan masih dikhawatirkan dalam dunia internet. Jika anda adalah salah satu dari 91% tersebut, saya punya tips yang mungkin berguna untuk anda.

10 Tips Keamanan Internet :
Berikut adalah daftar 10 tips keamanan internet sederhana untuk memaksimalkan perlindungan online Anda :

1. Pasang software antivirus terbaik pada pc anda dan terus di up-date. Juga install software anti-spyware untuk menjaga pc anda dari spyware. Anda dapat menemukan review dan perbandingan produk antivirus terbaik di iWebGUARD.

2. Jika anda sedang surfing internet, kunjungilah situs yang terkenal dan terpercaya. Jika anda akan mengunjungi situs yang mencurigakan, pastikan anda tidak klik link dan banner mereka.

3. Lakukan scan virus pada file / email lampiran yang Anda download sebelum mengeksekusi mereka.

4. Perbarui sistem operasi dan software browser secara teratur. Untuk keamanan yang lebih baik, direkomendasikan bahwa Anda surfing internet melalui versi terbaru dari program browser Anda.

5. Jangan pernah memberitahukan password anda dengan beberapa alasan. Pilih password yang kuat dan perbarui secara teratur seperti 3 bulan sekali. Hindari menggunakan password yang mudah ditebak.

6. Selalu ketik URL dari website di address bar browser Anda untuk masuk ke halaman login.

7. Sebelum Anda memasukkan password Anda pada setiap halaman login , pastikan bahwa Anda melihat https bukan http di address bar browser Anda. Contoh. https://mail.google.com bukan http://mail.google.com . protokol HTTPS menerapkan SSL (Secure Socket Layer) dan memberikan keamanan yang lebih baik daripada HTTP normal.

8. Waspadalah terhadap phishing email! Jangan menanggapi email yang meminta Anda untuk memperbarui rincian login Anda dengan mengklik link pada body email. link tersebut dapat menyebabkan Fake Login Pages (Spoofed Pages).

9. Selalu tekan tombol logout untuk menutup sesi login Anda daripada keluar atau exit dari jendela browser. Juga, hapus cache browser web Anda untuk menghapus file-file sementara yang tersimpan dalam memori dan hard disk dari PC Anda.

10. Hindari ( Berhenti ) menggunakan komputer umum atau komputer di kafe internet untuk mengakses informasi sensitif / rahasia. Juga, hindari komputer tersebut untuk login ke akun email / bank Anda. Pada komputer umum, ada setiap kesempatan dari spyware dan malware infeksi untuk hadir.

Dengan mengikuti 10 tips di atas, keamanan Internet Anda dapat dijamin hingga 90 persen. Saya harap informasi ini akan membantu pembaca untuk menjaga diri dari salah satu ketidakamanan online. Terima kasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment